PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI PADA MATA PELAJARAN IPA DI KELAS V SD NEGERI PADANG DALOM

Irwa Yunita(1), Dedi Irawan(2), Liyan Desi Yulia(3),


(1) Prodi Pendidikan Guru Madrasyah Ibdtidaiyah, STIT Al Multazam, Lampung
(2) Prodi Manajeman Pendidikan Islam, STIT Pringsewu, Lampung
(3) Prodi Pendidikan Guru Madrasyah Ibdtidaiyah, STIT Al Multazam, Lampung
Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil belajar yang belum mencapai taraf maksimal pada pelajaran IPA pada siswa kelas V SD Negeri Padang Dalom. Kegiatan pembelajaran di sekolah lebih banyak menggunakan metode ceramah di setiap pokok materi, sehingga pembelajaran terkesan monoton dan kurang melibatkan siswa secara aktif. Tujuan dari penilitian ini adalah untuk untuk mengetahui penerapan Model Pembelajaran Inkuiri di SD Negeri Padang Dalom. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Langkah-langkah yang dipilih peneliti dalam analisis data adalah model Miles dan Huberman. Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri di SD Negeri Padang Dalom berjalan dengan baik. Pelaksanaan kegiatan pembelajaran berdasarkan pada model Inkuiri yang memiliki enam langkah pembelajaran yaitu: orientasi, merumuskan masalah, merumuskan hipotesis, menguji hipotesis, mengumpulkan data, dan menarik kesimpulan. Guru mampu menerapkan metode ini sesuai dengan langkahlangkah yang ada, meskipun dalam kenyataannya guru mengalami kendala dalam pengondisian kelas selama kegiatan diskusi berjalan tetapi guru mampu mengatasi permasalahan tersebut dengan baik.


Keywords


Inkuri, IPA, SDN Padang Dalom, Guru, Kelas

References


Amri dan Ahmadi. 2010. Proses Pembelajaran Kreatif Dan Inofatif Dalam Kelas. Prestasi Pustaka Raya: Jakarta.

Arikunto, Suharsimi. 2008. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan.Bumi Aksara: Jakarta.

Bahrudin Ardi. 2013. Penerapan Metode Inkuiri Untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran IPA Pada Siswa Kelas V SDN 5 Mayonglor Kabupaten Jepara Skripsi. Universitas Negeri Semarang.

Dimyati & Mudjiono. 2013. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta : Rieneka Cipta.

Djamarah, Syaiful Bahri. 2008. Rahasia Sukses Belajar. Jakarta. PT Rineka Cipta.(hal: 17)

Hamalik, Oemar. 2001. Proses Belajar Mengajar. PT Bumi Aksara: Jakarta.

Kunandar. 2007. Guru Profesional : Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) dan Sukses dalam Sertifikasi Guru. Jakarta: Rajagrafindo Persada.

Muslich, Masnur. 2009. Melaksanakan Penelitian Tindakan Kelas Itu Mudah, Jakarta : PT Bumi Aksara

Samatowa. (2011). Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Jakarta: PT Indeks

Sanjaya, Wina. 2010. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Pendidikan, Jakarta : Kencana Prenada Media

Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhi. Jakarta: Renika Cipta.

Sriyanti. 2015. Peningkatan Aktivitas Dan Hasil Belajar IPA Melalui Etode Inkuiri Terbimbing Di Kelas V SD Negeri Terbahsari. Skripsi. Universitas Negeri Yogyakarta.

Sudjana. 2009. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Remaja Rosdakarya: Bandung.

Sugiono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Susanto, Ahmad. (2013). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Swadarma, Doni. 2011. Penerapan Mind Mapping dalam Kurikulum Pembelajaran. Gramedia: Jakarta.

Taofik. 2014. Implementasi Metode Inkuiri Terbimbing Mata Pelajaran IPA Kelas V SD N Gondangsari I Kecamatan Pakis Kabupaten Magelang. Skripsi. Universitas Negeri Yogyakarta.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang SistemPendidikan Nasional. Kemendikbud: Jakarta

Wulan, Dea Anjar. 2016. Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terhadap Prestasi Belajar IPA Pada Siswa Kelas V SD Negeri 01 Rajabasa Raya Bandar Lampung Tahun Ajaran 2015/2016. Skripsi. Universitas Lampung.


Full Text: PDF

Article Metrics

Abstract View : 128 times
PDF Download : 193 times

DOI: 10.54892/jpgmi.v5i1.50

Refbacks

  • There are currently no refbacks.