PENINGKATAN KREATIVITAS SISWA MELALUI PEMANFAATAN LIMBAH LINGKUNGAN

Trisnawati Trisnawati(1),


(1) Prodi Sistem Informasi, STMIK Pringsewu, Lampung
Corresponding Author

Abstract


Limbah lingkungan/limbah adalah produk sampingan dari pengelolaan sumberdaya alam yang sering luput dari perhatian manusia. Limbah juga membutuhkan solusi manajemen agar tidak menjadi masalah baru di masa depan, salah satunya adalah menjadi media alternatif untuk meningkatkan kreativitas. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas dan subjek penelitian adalah mahasiswa kelompok B di RA Fathul Ulum Poncokresno. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menggambarkan peningkatan kreativitas siswa melalui pemanfaatan limbah lingkungan. Media yang digunakan adalah daun kering, manik, bungkus makanan ringan, kardus, daun, batang pisang, pelepah kayu dan pewarna. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar pengamatan aktivitas siswa, catatan lapangan, dan wawancara. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah untuk menganalisa semua data yang tersedia baik data kualitatif dan data kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pencapaian indikator kreativitas siswa telah meningkat dengan nilai pra-aksi dari 46,67% (Kategori Sedang), siklus 1 dari 66,67% (Kategori Sedang) dan dalam siklus 2 dari 80,00% (Kategori tinggi). Hal ini menunjukkan bahwa kegiatan belajar dengan memanfaatkan limbah lingkungan dapat meningkatkan kreativitas siswa kelompok B di RA Fathul Ulum Poncokresno.


Keywords


Kreativitas, Media Pembelajaran, Limbah Lingkungan

References


Peraturan Pemerintah Nomor 27 Tahun 1990 tentang Pendidikan Prasekolah Undang-undang No.20 Tahun 2009 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Depdiknas: Jakarta.

MENPERINDAG RI No. 231/MPP/KEP/7/1997

Undang-Undang No 18 tahun 2008 tentang Pengelolaan Sampah

Asrori Muhammad. 2007. Psikologi Pembelajaran. Bandung: CV.Wacana Prima.

Elvida. 2012. Peningkatan Kreativitas Anak Dengan Menggunakan Bahan Sisa Di Taman Kanak-Kanak Aisyiyah 2 Duri. Jurnal Pesona Paud Vol.1 No.I

Boden, M.A. (1998), “Creativity and artificial intelligenceâ€, Artificial Intelligence, No. 103

Ogilvie, D.T. (1998), “Creative action as a dynamic strategy: using imagination to mprove strategic solutions in unstable environmentsâ€, Journal of Business Research, No. 41


Full Text: PDF

Article Metrics

Abstract View : 82 times
PDF Download : 73 times

DOI: 10.54892/jpgmi.v5i2.65

Refbacks

  • There are currently no refbacks.