PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE SCRIPT TERHADAP KEMAMPUAN MENCERITAKAN KEMBALI CERITA ANAK YANG DIBACA PADA SISWA KELAS VII SEMESTER I DI SMP N 1 AMBARAWA TAHUN PELAJARAN 2011/2012

Dian Puspita(1),


(1) Prodi Sistem Informasi, STMIK Pringsewu
Corresponding Author

Abstract


Salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk mengatasi masalah tersebut adalah dengan menggunakan model pembelajaran Cooperative Script dalam pembelajaran menceritakan kembali cerita anak yang dibaca. Tujuan dalam skripsi ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran Cooperative Script terhadap kemampuan menceritakan kembali cerita anak yang dibaca siswa kelas VII semester I. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas VII semester I SMP Negeri 1 Ambarawa yang terdiri atas delapan kelas yang berjumlah 303. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik cluster random sampling. Kelas VII.A (kelas eksperimen) dan kelas VII.B (kelas kontrol). Instrumen yang digunakan berupa tes yang berbentuk soal uraian. Untuk analisis data dilakukan uji sampel menggunakan rumus uji beda untuk mengetahui keadaan awal antara kelas eksperimen dan kontrol. Setelah adanya perlakuan diantara kedua kelas tersebut, selanjutnya dilakukan uji statistik t-tes. Dari hasil analisis data menggunakan uji t-tes sampel berpasangan diperoleh nilai dari hasil uji beda t-test sampel berpasangan t= 3,656, lebih besar dari nilai t pada dk=n-2 dalam skala 5% diketahui nilai t sebesar 2,021 dan pada skala 1% nilai t sebesar 2,704. Hal ini menunjukkan adanya perlakuan pengaruh penggunaan model pembelajaran Cooperative Script terhadap kemampuan menceritakan kembali cerita anak yang dibaca.


Keywords


Model Pembelajaran, Cooperative Script, Cerita Anak, SMP N 1, Ambarawa

References


Burhan Nurgiyantoro. 2010. Teori Pengkajian Fiksi. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Djames Danandjaja. 2002. Folklor Indonesia: Ilmu gosip, dongeng, dan lain-lain. Jakarta: Pustaka Utama Grafiti.

Kamus Besar Bahasa Indonesia edisi ke tiga. (2006). Jakarta: Balai Pustaka

Kokom Komalasari. 2010. Pembelajaran Kontekstual. Bandung: Refika Aditama.

Muhammad Zuhri. 2002. Terjemahan Juz Amma. Jakarta. Pustaka Amani.

Mulyati Yeti. 2002. Pendidikan Bahasa dan Sastra indonesia di Kelas Tinggi. Jakarta. Universitas terbuka.

Slavin, RE. 2010. Cooperative Learning: Teori, Riset dan Praktik. Bandung: Nusa Media.

Sugiyono, 2006. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

------------, 2010. Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Suprijono. 2009. Cooperative Learning Teori dan Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Tim Penyusun. 2008. Panduan Penelitian Skripsi dan Makalah. Program STKIP Muhammadiyah Pringsewu Lampung.

Trianto, 2009. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Predana Media.

Martinis Yamin. 2011. Paradigma Baru Pembelajaran. Jakarta: Gaung Persada (GP) Press.

http://ellafaridatizen.wordpress.com/2008/05/22/bercerita-dalam-bimbingan-konseling-seri-2/ [10 Mei 2011].

http://www.scribd.com/doc/40121825/Ciri-Ciri-Ide-Pokok.[20 Maret 2012].

http://prihadipati.blogspot.com/2010/07/langkah-langkah-bercerita.html [20 Mei 2011].

http://salmah-semangat.blogspot.com/2010/04/cooperative-scirpt.html [ 11 Juni 2011].


Full Text: PDF

Article Metrics

Abstract View : 81 times
PDF Download : 84 times

DOI: 10.54892/jpgmi.v5i2.62

Refbacks

  • There are currently no refbacks.