IMPLEMENTASI APLIKAIS PENGHAFAL HURUF BERBASIS ANDROID DI MADRASAH IBTIDAIYAH AL FAJAR PRINGSEWU
(1) STMIK Mitra Lampung
(2) STMIK Pringsewu, Lampung
(3) STMIK Pringsewu, Lampung
Corresponding Author
Abstract
Madrasah Ibitidaiyah yang sering di sebut MI merupakan sekolah setingkat Sekolah Dasar dibawah naungan kementerian agama. MI Al Fajar Pringsewu merupakan madrasah yang intens mendidik siswanya dengan konsep pendidikan ahlak mulia berpengetahuan luas dan menerapkan teknologi dalam beberapa mata pelajaran agar memudahkan pemahaman dan penghafalan. Salah satu teknologi yang di kembangkan adalah Aplikasi pengenal huruf dengan berbasis Android. Dalam aplikasi ini di kenalkan tiga konsep penghafalan huruf yaitu Hijaiyah (Arab), Hiragana (Japan) dan Alfabet. Dengan menguji coba Aplikasi ini di dapatkan hasil bawana sistem berbaias Androin dapat mempermudah hafalan siswa Madrasah Ibtidaiyah Al Fajar Pringsewu.
Â
Keywords
References
Akhmad, SP. 2016. “Pengertian Android Yang Benar Menurut Para Ahli.â€
Eko Sulistiyo Wibowo, Adhi Susanto, Wing Wahyu Winarno. 2014. “Kesiapan Pengguna Intranet Berbasis Android Di Kementerian Perindustrian.†SEMNASTEKNOMEDIA 2(1): 31–36.
Hartati, Sri et al. 2017. “Sistem Aplikasi Educhat Stmik Pringsewu Berbasis Android Sebagai Media Komunikasi Dan Informasi.†Jurnal Teknosi UNAND 3(1): 143–52.
Hendra, Kgs M, and Adinda Ramadhany. 2015. “Rancang Bangun Aplikasi Pembelajaran Iqra Berbasis Android.†Jurnal Momentum 17(1): 1–9.
Hidayatun, Nunung, Mia Rosmiati, and M Reggy Purnama. 2018. “Animasi Interaktif Berbasis Android Untuk Mengenal Huruf Hiragana Katakana.†10(1).
Hozeng, Suryadi, and Asrul Syam. 2017. “Aplikasi Pengenalan Kebudayaan Khas Toraja ( UKIRAN ) Berbasis Android.†SEMNASTEKNOMEDIA 5(1): 55–60.
Indonesia, Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi Republik. 2017. “Smartphone Rakyat Indonesia.†12 Januari 2017.
Muhammad Muslihudin, Oktafianto. 2016. Analisi Dan Perancangan Sistem Informasi Menggunakn Model Terstruktur Dan UML. Yogyakarta: Andi Offset.
Muslihudin, Muhamad, and Anggun Larasati. 2014. “Perancangan Sistem Aplikasi Penerimaan Mahasiswa Baru Di Stmik Pringsewu Menggunakan Php Dan Mysql.†Jurnal TAM ( Technology Acceptance Model ) 3(1): 12–23.
Muslihudin, Muhamad, Wulandari Wulandari, and Mei Listiarini. 2017. “Perancangan Aplikasi Business Berbasis Business to Consumer (B2C) Pada Wisata Kuliner Khas Lampung.†Jurnal Keuangan dan Bisnis 15(1): 54–69.
Putra, Dian Wahyu, A. Prasita Nugroho, and Erri Wahyu Puspitarini. 2016. “Game Edukasi Sebagai Media Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini.†Inform 1(1): 1–8.
Rusyanti, Hetty. 2013. “Pengertian Bahasa Menurut Ahli.†Teori Bahasa 2(1).
Syedara. 2016. “Pengertian Hafalan.â€
TribunNews. 2017. “Inilah Jumlah Pengguna Internet Pakai Smartphone Dan Aplikasi Mobile Terpopuler Di Indonesia.†ribun Jogja.
Widianto. 2014. “Sistem Informasi Potensi Desa (Study Kasus Desa Wayngison - Pagelaran).†Proseding KMSI 2(1): 36–43.
Article Metrics
Abstract View : 281 timesPDF Download : 598 times
DOI: 10.54892/jpgmi.v4i1.32
Refbacks
- There are currently no refbacks.