PENGARUH MOTIVASI BELAJAR SISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA DI SDN 1 KRAWANGSARI KECAMATAN NATAR KABUPATEN LAMPUNG SELATAN

Iis Maisaroh(1), Trisnawati Trisnawati(2),


(1) Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, STIT Tanggamus
(2) Program Studi Sistem Informasi, STMIK Pringsewu
Corresponding Author

Abstract


This study aims to determine whether there is an influence between learning motivation and achievement. This research was conducted at SDN 1 Krawangsari, Natar District, Kab. South Lampung for the 2018/2019 academic year. The sample in this study were fifth grade students of SDN 1 Krawangsari, Natar District, Kab. South Lampung, data collection using motivation questionnaires. Preliminary test using linearity and significance. While the hypothesis test using t test. The results of this study are the influence of fifth grade students' learning motivation on mathematics learning achievement at SDN 1 Krawangsari, Natar District, Kab. South Lampung for the 2018/2019 academic year, which means that the greater the student's motivation in learning, the greater the chances of students to achieve achievement, especially in mathematics

Keywords


motivation, learning achievement, elementary school

References


Abin Syamsudin. (1996). Psikologi Kependidikan. Bandung: PT Remaja Rosda Karya.

Alaida, dkk. 1993/1994. Hubungan Kausal Antara Keterlibatan Orang Tua Dalam Mendidik Anak Dengan Motivasi dan Prestasi Belajar Siswa SDN Se Kecamat an Lowokwaru Kotamadya Batu, Departemen Pendidikan dan Kebudayaan IKIP Malang. Lembaga Penelitian.

Arikunto, S. (2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Arini Loysiana, tingkat motivasi belajar siswa (studi deskriptif pada siswa kelas VI SD Maria Immaculata Cilacap) 2016.

Basrowi & Maunnah, B. (2019) The Challenge of Indonesian Post Migrant Worker's Welfare, JARLE, Vol 10 Issue 4(42) https://doi.org/10.14505//jarle.v10.4(42).07

Budiyono. 2009. Statistik untuk Penelitian. Surakarta: Sebelas Maret University Press.

Cleopatra, M. (2015). Pengaruh gaya hidup dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar matematika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 5(2).

Darmawati, J. (2017). pengaruh motivasi belajar dan gaya belajar terhadap prestasi belajar ekonomi siswa SMA negeri di kota Tuban. Jurnal Ekonomi Pendidikan dan Kewirausahaan, 1(1), 79-90.

Dimyati dan Mudjiono. (2006). Belajar dan Pembelajran. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.

Djamarah. 1994,Prestasi Belajar dan Kompetensi Guru. Surabaya : Usaha Nasional

Fadhilaturrahmi, F. (2017). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Jaring-jaring Balok dan Kubus dengan Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) Siswa Kelas IV SDN 005 Air Tawar Barat. Jurnal Basicedu, 1(1), 1–9.

Fyans dan Maehr. 1997. Prestasi Belajar Siswa. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada. Gilarso, T. 2004. Pengantar Ilmu Ekonomi Makro. Yogyakarta: Kanisius.

Hamalik, Oemar. 2013. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara Muhaimin, Pemikiran Pendidikan Islam (Kajian Filosofis dan Kerangka Dasar Operasionalnya),(Bandung: Trigenda Karya,1993).

Hamalik, Oemar. 2001. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara

Hamdu, G., & Agustina, L. (2011). Pengaruh motivasi belajar siswa terhadap prestasi belajar IPA di sekolah dasar. Jurnal penelitian pendidikan, 12(1), 90-96.

Indriani, A. (2016). Pengaruh motivasi belajar siswa kelas V terhadap prestasi belajar matematika di SD Negeri Bejirejo Kecamatan Kunduran Kabupaten Blora. JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika), 4(2), 134-139.

Kurniawan, D., & Wustqa, D. U. (2014). Pengaruh perhatian orangtua, motivasi belajar, dan lingkungan sosial terhadap prestasi belajar matematika siswa SMP. Jurnal riset pendidikan matematika, 1(2), 176-187.

Mansur, Pendidikan Anak Usia Dini, Pustaka Pelajar Yogyakarta 55167 Ki Hajar Dewantara, Ilmu Pendidikan, (Yogyakarta: Taman Siswa, 1961)

Mawarsih, S. E., & Hamidi, N. (2013). Pengaruh perhatian orang tua dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar siswa sma negeri jumapolo. Jupe-Jurnal Pendidikan Ekonomi, 1(3).

Nashar. (2004). Peranan Motivasi dan Kemampuan Awal dalam Kegiatan Pembelajaran. Jakarta: Delia Press.

Nasution, S. (1987). Berbagai Pendekatan dalam Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bina Aksara

Poerwanto, Ngalim. (2007). Psikologi Pendidikan. Bandung: PT Rosda Karya.

Sadirman. (2004). Interaksi dan Motivasi Belajar. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Sardiman, A. M. (2011). Pendidikan Karakter dan Peran Pemerintah. Yogyakarta. Makalah.

Slameto. (2003). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Sukardi, Dewa Ketut. (1985). Pengantar Pelaksanaan Program dan Konseling di Sekolah. Jakata: Rineke Cipta

Soenyono & Basrowi. (2020) Form And Trend Of Violence Against Women And The Legal Protection Strategy. International Journal of Advanced Science and Technology. . Vol 29 (5). http://sersc.org/journals/index.php/IJAST/issue/archive

Susanti, A., & Nuriyatin, S. (2015). Pengaruh Motivasi Belajar Siswa terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa (Effect on Student Motivation to Learn Mathematics Achievement of Student). Jurnal Pendidikan Matematika STKIP PGRI Sidoarjo, 3(2), 151-158.

Uno, Hamzah B. 2011. Teori Motivasi dan Pengukurannya: Analisis di Bidang Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara

Wasty Soemanto. (2003). Psikologi Pendidikan. Malang: Rineka Cipta.

Winkel WS. (1997). Psikologi Pendidikan dan Evaluasi Belajar. Jakarta: Gramedia.


Full Text: PDF

Article Metrics

Abstract View : 80 times
PDF Download : 36 times

DOI: 10.54892/jpgmi.v7i2.109

Refbacks

  • There are currently no refbacks.