PENINGKATAN MUTU PENDIDIKAN DI MA MA’ARIF KAPUTRAN MELALUI IMPLEMENTASI KEBIJAKAN MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA

Juhainah Juhainah(1),


(1) Prodi Manajemen Haji dan Umroh, Universitas Islam An Nur Lampung
Corresponding Author

Abstract


Manajemen Sumber Daya Manusia (MSDM) yang adil dan transparan dapat menciptakan iklim sekolah yang lebih inklusif dan merangsang partisipasi semua staf. Semua staf sekolah merasa didengarkan dan dihargai. Manajemen Sumber Daya Manusia yang baik dapat mendukung pengembangan profesional guru melalui pelatihan, peluang pembelajaran, dan evaluasi kinerja yang konstruktif. Dengan Manajemen Sumber Daya Manusia yang baik, sekolah dapat lebih efektif dalam mencapai tujuan pendidikan mereka, seperti peningkatan hasil tes siswa, pengurangan angka putus sekolah, dan peningkatan kualitas sekolah secara keseluruhan. Implementasi Manajemen Sumber Daya Manusia yang baik dapat menciptakan lingkungan kerja yang positif dan mendukung, yang berkontribusi pada kesejahteraan staf sekolah. Penting untuk diingat bahwa Manajemen Sumber Daya Manusia yang efektif bukanlah tugas sekali selesai, tetapi merupakan proses berkelanjutan. Dengan menjalankan MSDM yang baik, sekolah dapat mencapai hasil yang lebih baik dalam hal pengajaran, pembelajaran, dan pencapaian tujuan pendidikan.


Keywords


Mutu Pendidikan, manajemen SDM, Kebijakan

References


Jalaluddin Mahalli Winulyo, Abd. Aziz, P. R. (2023). Manajemen Sumber Daya Manusia Dalam Implementasi Program Sekolah Penggerak Di SDN Sukabumi 2 Kota Probolinggo. Edusaintek: Jurnal Pendidikan, Sains Dan Teknologi, 10(3), 957–970.

Suminiati, R. A. (2019). Manajemen Sumber Daya Manusia dalam Praktik Peningkatan Mutu Pendidikan pada Sekolah Dasar Pendahuluan. Media Manajeman Pendidikan, 2(1), 101–113.


Full Text: PDF

Article Metrics

Abstract View : 24 times
PDF Download : 10 times

DOI: 10.54892/jmpa.v5i3.226

Refbacks

  • There are currently no refbacks.